Langsung ke konten utama

Hunting Sekolah PG/TK di Bekasi (Part 1)

Tahun ajaran baru kali ini cukup menguras tenaga saya sebagai seorang mama..sibuk hunting sekolah untuk si kecil yang sebenarnya usianya belum genap 3 tahun. Sebenarnya kekhawatiran terbesar saya hanya karena saya ngga bisa mendampingi atha setiap saat.. as a working mama hampir separuh hari saya habiskan di luar..*jd curhat hahahaha* ..  kebetulan di usianya 18 bulan dia  minta dimasukkan sekolah mungkin karena terpengaruh melihat anak2 tetangga di tempat kami tinggal dulu, waktu itu saya separuh kaget mendengarnya tp saya syukuri mungkin ini jalanNya supaya anak saya belajar sosialisasi dan mendapat input baru... Akhirnya mulailah saya mencari  sekolah yang mau menerima dengan pertimbangan lokasinya jangan terlalu jauh mengingat usia anak saya yang masih terlalu kecil.  Tantangan tersendiri buat saya yang bertempat tinggal di perbatasan bekasi dan Jakarta Timur, sehingga survei pun saya lakukan  mulai dari  PAUD Assalam  dan TK Tunas Melati yang keduanya berlokasi di perumahan pondok melati indah- jatiwarna tempat kami tinggal, namun keduanya jelas menolak karena usianya yang masih terlalu kecil.. Sebenarnya ada sebuah PAUD di kompleks chandra yang mau menerima, namun karena faktor lokasi yang agak ribet untuk mencapainya maka saya pun memutuskan tidak memasukkannya ke sana...Secara tidak sengaja saya melihat sebuah spanduk di sebuah sekolah yang dibentangkan di pagar halaman sebuah TK/KB/PAUD PUSPA BANGSA yang berlokasi di dekat rumah sakit jati rahayu menuju pasar kecapi (tepatnya di sebrang tempat praktek  Dr. Rizal), esoknya saya pun menghadap kepala sekolahnya. Setelah mengobrol panjang lebar dengan ibu kepsek akhirnya beliau memperbolehkan anak saya bersekolah di sana.
Nah taun ajaran baru ini rencananya saya mau pindahin atha dari sekolah lamanya karena kejauhan dr rumah kami sekarang yang berlokasi di jatimakmur...selainfaktor lokasi,  faktor penyegaran juga menjadi pertimbangan saya mengingat sepanjang semester 2 kemarin anak saya banyak sekali bolosnya hehehe (namanya juga anak2)...Karena saya bekerja, maka hunting sekolah saya lakukan via internet baru saya turun ke lapangan hehehe.. Berikut beberapa sekolah yang saya dapat informasinya untuk TA.2013-2014 , semoga berguna untuk mommy2 yang memerlukan.
1. TK Ar Rayhan 
Alamat Sekolah :
Jl. Ar-Rayhan, Rawa Bogo, Rt/Rw:004/017, Kelurahan Jati Mekar, Kecamatan Jati Asih, Bekasi 17422
No. Telp : 021 – 84900711, 84977000

Biaya Pendidikan TA. 2013-2014 : 

Biaya formulir Rp.150ribu 
Uang gedung ,perlengkapan sekolah, buku,  uang kegiatan, SPP Juli 2013 : 
- Rp.4 juta 400ribu (gelombang 3)
-Rp.4 juta 200ribu (gelombang 2)
- Rp. 4 juta (gelombang 1)
SPP TK Rp.200 ribu dan SPP Playgrup Rp.250ribu
Metode yang digunakan adalah sistem sentra
Waktu itu kami sempat mengunjungi sekolah ini di hari sabtu jadi ngga bisa melihat langsung kondisi saat anak2 bersekolah.  Waktu itu sempat bertanya sudah berapa anak yang ada di kelas playgrup n ternyata baru 2 anak ... hmmm mengingat jumlah anak yang masih sedikit sekali saya tidak jadi memasukkan anak saya kesana (pengalaman niy di sekolah yang sekarang saja total murid kelompok bermain sekitar 8 anak, tapi yang masuk paling hanya 4-5 anak...nah kalo ternyata cuma 3 anak terus nanti kalo ada yang ngga masuk anakku kesepian dunks..hahahaha).. Kalo ngga salah saat ini baru 4 angkatan...Overall dari segi bangunan oke dan kegiatannya pun variatif jd mungkin anak2 ngga  bosan ya..Info lengkap TKIT Ar Rayhan bisa diliat di sini http://arraihanfiraibi.com/

2. TKIT Arrafah 
 Alamat : 
Jl. Wibawa Mukti IV
Depan Kelurahan Jati Mekar - Bekasi


Ngga terlalu jauh dari TKIT Ar Rayhan, ada TKIT lainnya yaitu TKIT Ar Rafah..Saat ini sudah 8 angkatan...Aku senang banget liat halamannya yang luas...tenyata sekoah ini gabung TKIT, SDIT, SMPIT dan SMKIT klo ngga salah...hohoo pantes luas kataku dalam hati..Survei kesana di hari sabtu, mungkin krn udah siang dan capek sepertinya bu kepsek kurang semangat ngasih infonya alhasil aku cuma minta brosur aja...hehehe...

Total biaya yang harus dibayarkan Rp. 3juta 200 ribu..SPP nya perbulan 250rb..
Info mengenai sekolah arrafah bisa diliat disini http://www.lembaharafah.or.id/main.php

3.Playgroup-TKA-TKB-TPA Al Mawaddah
Jl. Raya Kodau Kp Rawa Bogo Rt. 02/Rw 23 No. 85 Jati Rahayu Pondok Melati Bekasi 

Ga sengaja saya bertemu dengan sekolah ini, berawal dari kehujanan n akhirnya ngga ngantor terus keliling2 hunting sekolah ...Sekolahnya ngga terlalu besar, tp cukup menarik..aku sempat ngobrol2 langsung dengan bu kepsek..Ternyata sekolah ini udah ada sejak tahun 2000, metode yang digunakan adalah sistem sentra..berdasarkan cerita bu kepsek kegiatannya banyak mengenalkan ttg agamaseperti salat duha, iqro,  cooking class (ex : bikin jus, nikin adonan bakwan, dll), belajar cuci baju untuk anak TK..Kegiatan2 dasar yang sederhana namun menurut saya penting untuk dikenalkan pd anak. Arena bermain cukup lengkap untuk ukuran TK kecil.. Dari segi biaya sekolah ini menawarkan keringanan berupa sistem pembayaran dengan angsuran sebanyak 3x.
Total Biaya yang dibayarkan Rp. 1juta130ribu (sudah termasuk spp juli 130 ribu)

4. TK Anak Cendekia
Jl. Gamprit Raya No. 42 B , No telp : 849 0793/9735 9589 / 0816 88 9589

TK ini merupakan TK yang hampir setiap kali saya lewati kalo mau berangkat kantor.. mempunyai kelas play grup..Kegiatan belajar untuk TK adalah 6 hari seminggu dari jam 8 smp 11, sedangkan playgrupnya 4 hari dalam seminggu (Lumayan banyak juga yaaa untuk ukuran sekolah TK/PG)...Saya hanya sempat sebentar berbicara dengan salah satu pengurus sekolah karena harus segera ke kantor, akhirnya brosurnya saya minta untuk referensi . Sekilas saya melihat sekolah ini sangat berkonsep..Lingkungan dalam sekolah cukup asri ditambah dengan mainan yang cukup banyak..Tapi begitu melihat biayanya yang woooow sepertinya ngga jadi deh masukin atha ke sana hehehe...

Total Biaya yang harus dibayarkan :
PG Yunior : Rp. 3 juta750 ribu
PG Senior : Rp 3 juta 950 ribu
TK A : Rp. 5juta 150 ribu
TK B : 5 juta 200 ribu

(biaya-biaya di atas belum termasuk darmawisata, manasik haji dan ijjazah siswa TK B)

Biaya pendaftaran : Rp. 250ribu
SPP perbulan :
PG Yunior : Rp. 350 ribu
PG Senior : Rp 375 ribu
TK A : Rp. 425 ribu
TK B : 425 ribu

Disini cukup banyak eskul yang ditawarkan mulai dari menari, lukis, calistung, iqro, musik, olahh boga, computer, dan bahasa inggris...

Well mommies... sementara itu dulu infonya..masi banyak info lainnya, namun saya belum sempat memposting..Next time qt lanjut di Hunting Sekolah PG/TK  (Part 2)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hunting Sekolah PG/TK di Bekasi (Part 2)

Hello mommies...sesuai janji saya sebelumnya kali ni saya akan menambah beberapa sekolah PG-TK yang berada di Bekasi.  Semoga bermanfaat untuk mommies yang bertempat tinggal di sekitar jatiwrna, jati keramat, pondok gede, jati makmur, dan sekitarnya... 1. TK Islam As Syafi'iyah 02 Jatiwaringin Alamat : Jl. Raya Jatiwaringin No. 81 Pondok Gede-Bekasi No Telp : 021-8473380 Lokasi strategis dan mudah diakses (krn banyak angkot hehehe) membuat saya tertarik untuk mendatangi sekolah ini. Kebetulan saya mampir ke sekolah ini pada malam hari sekitar pukul 7 malam selepas pulang kantor.  Pertama melangkahkan kaki ke sekolah ini di pintu masuk saya menjumpai kantin tempat orang tua yang menuggu anak-anak sekolah., kemudian masuk ke area kelas saya melihat saya melihat halaman bermain yang cukup luas dan terdapat banyak alat bermain anak-anak pada umumnya. Tak lama kemudian saya bertemu dengan  penjaga sekolahnya yang kebetulan tinggal disitu.   Karena hari sudah malam dan saya harus
FESTIVAL BUDAYA  SD ISLAM PLUS EDU PROG  Ini tahun kedua kk atha sekolah di SD Islam Plus Edu Prog , banyak kegiatan menyenangkan selama sekolah di Edu. Open day Bahasa, Social,  Sport,  Music, Social, Festival Budaya beberapa kegiatan yang mengikutsertakan orang tua.  Lewat event ini selain bisa melihat kemampuan anak, orang tua yang biasanya cuma berisik di grup wa juga bisa saling bertemu n menjalin silaturahmi n pastinya juga silaturahmi dengan guru n kepala sekolah yang setiap hari nemani anak2 belajar. Di awal tahun ini SD Islam Plus Edu Prog ngadain lg acara Festival Budaya, tema yang diangkat kali ini budaya Jepang untuk PG-TK, budaya Jawa (SD 1-3), n budaya Indian (SD 4-6). Kegiatan ini ngga hanya tari2an, tapi juga ada upacara adat, makanan tradisional, bikin wayang, bikin layang2 khas jepang, n masih banyak lagi... KK atha di acara ini kebagian nari Pangpung dari Jawa Tengah bareng 4 teman dari SD 2 dan 5 orang dari SD 1.  Karena masih ada waktu untuk persiapan