Langsung ke konten utama

Hunting Sekolah PG/TK di Bekasi (Part 2)

Hello mommies...sesuai janji saya sebelumnya kali ni saya akan menambah beberapa sekolah PG-TK yang berada di Bekasi.  Semoga bermanfaat untuk mommies yang bertempat tinggal di sekitar jatiwrna, jati keramat, pondok gede, jati makmur, dan sekitarnya...
1. TK Islam As Syafi'iyah 02 Jatiwaringin
Alamat : Jl. Raya Jatiwaringin No. 81 Pondok Gede-Bekasi
No Telp : 021-8473380

Lokasi strategis dan mudah diakses (krn banyak angkot hehehe) membuat saya tertarik untuk mendatangi sekolah ini. Kebetulan saya mampir ke sekolah ini pada malam hari sekitar pukul 7 malam selepas pulang kantor.  Pertama melangkahkan kaki ke sekolah ini di pintu masuk saya menjumpai kantin tempat orang tua yang menuggu anak-anak sekolah., kemudian masuk ke area kelas saya melihat saya melihat halaman bermain yang cukup luas dan terdapat banyak alat bermain anak-anak pada umumnya. Tak lama kemudian saya bertemu dengan  penjaga sekolahnya yang kebetulan tinggal disitu.   Karena hari sudah malam dan saya harus bergegas pulang, saya hanya meminta brosur kepada penjaga sekolah.  Beruntung penjaga sekolah cukup berbaik hati mengambilkan saya sebuah brosur.  

Berikut adalah rincian biaya di TK As Syafi'iyah 2 Jatiwaringin TA. 2013-2014 :
- Uang formulir : Rp.150 ribu
- Uang Pendaftaran : Rp. 5 Juta (sudah termasuk SPP Juli )
- SPP Perbulan : Rp. 500 ribu

Woooow mata saya hampir copot membaca nominal spp yang harus dibayarkan perbulan hehehe...Ternyata sekolah ini mahal juga ya, tp mungkin sebanding dengan fasilitas dan kegiatan yang ada di TK ini.  Kegiatan ekstrakurikuler yang ditawarkan diantaranya drum band, menari, menggambar, mewarnai, menyanyi, outbond, dan komputer.  

2.Playsschool & Preschool "Rumah Bermain dan Belajar Lebah" 
Alamat : Komp. Puri Gading Nlok PGUR No. 10
No Telp : 021-84598241

Selain program sekolah, Rumah bermain dan Belajar Lebah mempunyai program daycare (Lebih detail mengenai sekolah ini dapat dicek di http://rumahlebahpurigading.wordpress.com/author/rumahlebahpurigading/

Saya mengunjungi sekolah ini di hari Sabtu setelah menemani atha berenang di area sport center perumahan puri gading.  Pertama kali melihat sekolah ini halamannya mengingatkan saya pada area playground yang terdapat di mall, dan mungkin ini menjadi daya tarik untuk anak2 bersekolah disini.  Pd kunjungan ini saya sempat berbincang-bincang dengan salah satu guru yang kebetulan ada dan sayapun diajak masuk ke dalam sekolah yang hommy krn memang awalnya merupakan rumah yang disulap menjadi sekolah.  Dari luar ngga terlalu luas, namun ketika masuk ke dalam cukup luas.  Bu guru yang baik hati menginformasikan beberapa ruangan yang terdapat disana dan katanya AC selalu nyala ketika kegiatan berlangsung. Saya sempat menanyakan program apa saja yang dilakukan disana diantaranya Fun Art and Craft, English for Kids, Entrepreneurhip, Fun Science and Math, dan I love my Qur'an. Adapun fasilitas yang ditawarkan ruang belajar ber AC, Ruang Physical Play, Ruang bermain indoor dan outdoor, Perpustakaan mini, Ruang Audio visual, Native speaker, dan kebun pasir. Biaya belajar di sekolah ini setelah saya konfirmasi berbeda dengan yang terdapat di website nya, jd saran aja ni untuk mommies yang berminat menyekolahkan anaknya sebaiknya ditanyakan atau didatangi langsung sekolahnya.

3. TPQ Raudhatul Muttaqin 
Alamat : Jl. Antara No.1 Rt. 02/09 Jatimakmur, Pondok Gede Bekasi 17413
No Telp : 021-8465913 Fax : 021-84971358

Saya survei sekolah ini beberapa hari sebelum tahun ajaran baru 2013/2014 dimulai. Saya mendapat informasi ttg keberadaan sekolah ini dari hasil googling diinternet.  Pagi2 sekitar jam delapan saya mengunjungi sekolah ini, dengan membonceng atha dan pengasuhnya.  Kesan pertama saya melihat bagian depan sekolah ini cukup luas, sayang semua areanya tertutup dan dikeramik, ada beberapa alat permainan yang sedang tidak digunakan karena hari itu memang masih libur.  Saya bertemu dengan salah seorang guru yang mengajar di situ, kemudian mengobrol sejenak.  Kemudian bu guru masuk ke kantor untuk mengambil brosur dan rincian biaya.  Brosur itu menginformasikan bahwa sekolah ini memiliki program unggulan yaitu : 
- mengacu pada kurikulum Depdiknas berbasis kompetensi dasar dan kurikulum khas raudhatul muttaqin
- Program pembentukan perilaku melalui pembiasaan, penerapan akhlak, ibadah serta metode aktif dan integrated learning
- Pengenalan sains dan teknologi
- Ekstrakurikuler

Biaya kelas Play group Tahun 2013/2014 total Rp. 3.340.000,-.  Sekolah ini memberikan keringanan pembayaran dengan mecicil sebanyak 3x (pertama : Rp. 2.009.000, kedua : Rp.453.000, dan ketiga Rp. 453.000). Untuk SPP perbulan sekolah ini sebesar Rp.300 ribu. Detail mengenai sekolah ini dapat dilihat di http://raudhatulmuttaqin.org/  atau http://raudhatulmuttaqin.wordpress.com/tentang-rm/

4. TK Karakter dan SBB "ALIF"
Ngga sengaja saya menemukan sekolah ini dari googling di internet  yang membawa saya bertemu dengan akun fb milik sekolah ini (https://www.facebook.com/pages/TK-Karakter-dan-PAUD-SBB-ALIF/137291269670123).  Hal pertama yang menarik perhatian saya adalah foto cover akun fb nya :
 Guru2 sekolah ini mengenakan baju ala gadis desa sedang memegang sayur mayur.  Sebuah foto yang agak berbeda dari kebanyakan sekolah lain yang situsnya pernah saya kunjungi di dunia maya.  Saya melihat begitu fresh, alami, dan sederhana.  Foto ini membuat saya berpikir "ooh mungkin ini sekolah alam dan biasanya sekolah-sekolah seperti ini lumayan mahal untuk saya yang seorang PNS..hehehe" .  Kemudian saya melihat lagi sebuah foto yang mencuri perhatian saya :



Dari foto itu saya melihat guru2 tersebut cukup kreatif  dan lucu dengan dandanan seperti badut.  Dalam benak saya kalau guru2nya bisa cukup kreatif seperti itu mungkin tidak akan jauh bebeda dalam menangani anak-anak.  Terakhir foto yang juga mencuri perhatian saya adalah foto seorang guru yang sedang beraktivitas di dalam kelas.  Dari foto ini saya melihat antusiasme guru dan baju yang dikenaannya itu sama dengan yang dikenakan murid :

Lumayan bereda dari sekolah2 yang pernah saya temui.  Penasaran dengan sekolah ini, saya menghubungi salah satu nomor telpon yang dapat dihubungi.  Pertimbangan saya lokasinya di jatimakmur (meskipun sebenarnya saya belum tau di mana jatimakmurnya hehehe).  Saya menanyakan apakah sekolah ini masih menerima untuk kelas PG  karena sudah dekat sekali dengan anak-anak masuk sekolah di tahun ajaran baru. Ternyata sekolah ini masih menerima murid baru. Saya belum menanyakan mengenai biaya karena ibu disebrang telpon mempersilakan saya untuk langsung datang.    

Sebenarnya ada beberapa sekolah yang sudah saya survei, cuma catatan kecilnya hilang.. next time ya mommies kalo udah ada saya lanjut ceritanya...hehehe...






Komentar

  1. Butterfly Kids Daycare open May @Perumahan Wahana Pondok Gede Jl.Raya Jatiranggon Blok M4 No.19 Kp. Raden Kel.Jatiranggon Kec. Jatisampurna Pondok Gede Bekasi. Info chat on LINE and Whats Up : 085881418106 atau hubungi di nomor 087887979536 & 082157751355.

    BalasHapus
  2. Telah dibuka PlayGroup dan Daycare (tempat penitipan anak) Nayya Kids beroperasi di sekitaran jatibening Pondok Gede.
    Untuk Informasi lebih lanjut dapat menghubungi
    bunda afni 0878 8686 0608
    atau buka website
    http://akustiknain.wordpress.com
    http://kids-nayya.blogspot.co.id

    BalasHapus
  3. Telah dibuka PlayGroup dan Daycare (tempat penitipan anak) Nayya Kids beroperasi di sekitaran jatibening Pondok Gede.
    Untuk Informasi lebih lanjut dapat menghubungi
    bunda afni 0878 8686 0608
    atau buka website
    http://akustiknain.wordpress.com
    http://kids-nayya.blogspot.co.id

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

FESTIVAL BUDAYA  SD ISLAM PLUS EDU PROG  Ini tahun kedua kk atha sekolah di SD Islam Plus Edu Prog , banyak kegiatan menyenangkan selama sekolah di Edu. Open day Bahasa, Social,  Sport,  Music, Social, Festival Budaya beberapa kegiatan yang mengikutsertakan orang tua.  Lewat event ini selain bisa melihat kemampuan anak, orang tua yang biasanya cuma berisik di grup wa juga bisa saling bertemu n menjalin silaturahmi n pastinya juga silaturahmi dengan guru n kepala sekolah yang setiap hari nemani anak2 belajar. Di awal tahun ini SD Islam Plus Edu Prog ngadain lg acara Festival Budaya, tema yang diangkat kali ini budaya Jepang untuk PG-TK, budaya Jawa (SD 1-3), n budaya Indian (SD 4-6). Kegiatan ini ngga hanya tari2an, tapi juga ada upacara adat, makanan tradisional, bikin wayang, bikin layang2 khas jepang, n masih banyak lagi... KK atha di acara ini kebagian nari Pangpung dari Jawa Tengah bareng 4 teman dari SD 2 dan 5 orang dari SD 1.  Karena masih ada waktu untuk persiapan

Hunting Sekolah PG/TK di Bekasi (Part 1)

Tahun ajaran baru kali ini cukup menguras tenaga saya sebagai seorang mama..sibuk hunting sekolah untuk si kecil yang sebenarnya usianya belum genap 3 tahun. Sebenarnya kekhawatiran terbesar saya hanya karena saya ngga bisa mendampingi atha setiap saat.. as a working mama hampir separuh hari saya habiskan di luar..*jd curhat hahahaha* ..  kebetulan di usianya 18 bulan dia  minta dimasukkan sekolah mungkin karena terpengaruh melihat anak2 tetangga di tempat kami tinggal dulu, waktu itu saya separuh kaget mendengarnya tp saya syukuri mungkin ini jalanNya supaya anak saya belajar sosialisasi dan mendapat input baru... Akhirnya mulailah saya mencari  sekolah yang mau menerima dengan pertimbangan lokasinya jangan terlalu jauh mengingat usia anak saya yang masih terlalu kecil.  Tantangan tersendiri buat saya yang bertempat tinggal di perbatasan bekasi dan Jakarta Timur, sehingga survei pun saya lakukan  mulai dari  PAUD Assalam  dan TK Tunas Melati yang keduanya berlokasi di perumahan pond